Jumat, 06 Mei 2011

KEANGGUNAN TATA RIAS PENGANTIN YOGYA PAES AGENG MODIFIKASI

Tata rias busana adat pengantin Yogya Paes Ageng adalah suatu bentuk karya budaya yang penuh makna filosofi tinggi. Tradisi tata rias busana ini terinspirasi dari busana para bangsawan dan raja keraton Yogyakarta yang mencerminkan keanggunannya.


Tata rias busana pengantin Paes Ageng tidak mempunyai banyak ragam dan gaya seperti tata rias busana pengantin Jogja. Namun tentu tidak kalah memikat dan indah untuk dilihat. Ada gaya tata rias dan busana pengantin Paes Ageng Putri dan tata rias busana pengantin Paes Ageng Basahan.





  Modifikasi lain yang tampak jelas adalah mempelai putri tak lagi menggunakan baju dodot, melainkan mengenakan kebaya bak paes Paes Ageng Putri. Aslinya, Paes Ageng Modifikasi biasanya memakai busana dodotan. Sedangkan Paes Ageng Putri memakai kebaya seperti biasa. Riasan dan sanggulnya sama, hanya saja Paes Ageng Modifikasi make-up nya lebih glamour karena untuk mengimbangi busananya yang bagaikan raja dan ratu, perhiasan dan bunganya juga beda, karena Paes Ageng Modifikasi bunganya lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar